Skip to content Skip to navigation

Laporan Pemantauan IFLA Mengenai keadaan Natalya Sharina, Direktur Perpustakaan Sastra Ukrainia di Moscow

IFLA sedang memantau keadaan Natalya Sharina, Direktur Perpustakaan Sastra Ukrainia di Moscow. Menindaklanjuti kejadian penyerangan terhadap Perpustakaan di Ukraina pada Oktober 2015. Saat itu ada dugaan bahwa buku-buku yang dilarang beredar oleh pemerintah Rusia berada di Perpustakaan, Natalya ditangkap dengan tuduhan menghasut dan menyebarkn kebencian antar etnis. Beliau juga didakwa melakukan penggelapan. Setelah beberapa hari di penjara, Natalya ditempatkan dan selanjutnya diberlakukan sebagai tahanan rumah.

IFLA  telah mengeluarkan beberapa penyataan sikap terhadap kasus Natalya (lihat https://www.ifla.org/node/9992; https://www.ifla.org/node/10488; dan https://www.ifla.org/publications/node/10844)

Sejak kejadian tersebut dilaporkan bahwa Perpustakaan Sastra Ukrania ditutup dan sebagian buku-bukunya dipindahkan ke koleksi perpustakaan bahasa asing di Moskow (lihat http://www.reuters.com/article/us-ukraine-crisis-russia-library-idUSKBN16M0PW )

Kasus Natalya masih berjalan, dan pada Desember 2016, Donna Scheeder, Presiden IFLA, mengirimkan surat kepada pihak penyidik Rusia untuk menekankan kembali mengenai pernyataan-pernyataan sikap IFLA yang menyatakan peran penting pustakawan, dan menyatakan keprihatinan bahwa tahanan rumah yang diterima Natalya adalah sangat tidak adil dan tidak perlukan. Beliau menyebutkan untuk segera menghentikan kasus Natalya (lihat https://www.ifla.org/node/11070).

Tanggapan yang diterima dari Komite Investigasi mengindikasikan bahwa surat tersebut sudah diteruskan  dan menjadi perhatian Departemen Investigasi Pusat dari Komite Investigasi di Moskow.

IFLA terus memantau perkembangan kasus ini melalui pengacara Natalya yang menunjukan bahwa penuntutan kasus ini sudah selesai, dan pembela akan mendapatkan keputusannya dalam waktu dekat. Keputusan kemungkinan akan didapatkan pada musim panas ini (Juni sampai Agustus).

Sementara itu, Amnesty International menyatakan untuk segera bergerak sejak November 2016, hal ini  sudah ditindaklanjuti dengan adanya kerjasama dengan CILIP di Inggris untuk terus mengangkat kasus Natalya – lihat https://www.cilip.org.uk/news/join-call-release-librarian-natalya-sharina-house-arrest

Martyn Wade

Ketua

IFLA Committee for Freedom of Access to Information and Freedom of Expression

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.