Skip to content Skip to navigation

Buku: Perangkat Pendukung Sistem Repositori Institusi Basic to Expert

Penulis: Dwi Fajar Saputra, Iman Jauhari, Yusac Firmansyah, Jerry Permana, Mega Anggraini, Muhammad Haidar, Novy Prihartini, Sinta Dewi, Wafi Ariqo, Lutfiah Zainur Rokhmi

Kata Pengantar oleh: Ismail Fahmi, Ph.D (Inisiator Indonesia Onesearch)

Editor dan Proof Reader: Muhklis

Tata Letak: Moh. Mursyid

Penerbit: Jakarta: ISIPII, 2023

p-ISBN: 978-623-93178-5-0

e-ISBN: 978-623-93178-6-7

Kolasi: x, 162 halaman; 23cm.

Geliat penerapan sistem repositori institusi mulai terlihat pada lima tahun belakangan. Dengan adanya beberapa kebijakan dan munculnya ekosistem penunjang pemanfaatan sehingga berdampak pada eksistensi masing-masing sistem repositori institusi. Perkembangan tersebut harus diiringi dengan kemampuan masing-masing pustakawan baik secara soft skill maupun hard skill. Salah satunya kemampuan pemahaman mengenai perangkat pendukung sistem repositori institusi. Mulai dari segi product knowledge perangkat lunak, alur bisnis penggunaan, modifikasi hingga tips dan trik mengembangkan aplikasi turunan dari pengembangan sistem repositori institusi agar dapat berkelanjutan ke depannya.

Buku ini membahas secara lengkap bagaimana menjalankan aplikasi repositori institusi. Tahap awal diberi pemahaman mengenai bagaimana menjalankan server dan perangkat pendukungnya dalam menerapkan repositori institusi. Berikutnya pemahaman mengenai beberapa aplikasi repositori institusi yang sudah exist seperti Omeka, Eprints dan Difoss versi Walanae. Materi selanjutnya memberikan gambaran dan kiat praktis dalam mengembangkan beberapa fitur yang sudah tersedia di tahap pengembangan aplikasi. Dan terakhir menjelaskan secara rinci bagaimana menjalankan service API di Eprints agar dapat menjadi basis data dalam mengembangkan eprints sebagai pusat aplikasi lainnya seperti layanan aplikasi statistik, aplikasi monitoring preservasi digital, dan lain-lain.

Buku ini dihasilkan dari tim pengembang Difoss berkolaborasi dengan rekan-rekan mahasiswa yang telah magang selama empat bulan di unit bisnis, FossStudio. Tujuan dari diterbitkannya buku ini untuk berbagi pengalaman dan pemahaman terkait perangkat pendukung sistem repositori institusi secara basic menuju expert.

Untuk pembelian silahkan klik di sini