Skip to content Skip to navigation

Materi Diskusi Sistem Keamanan Aplikasi Perpustakaan

Pada hari Selasa, 26 April 2016, Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan diskusi kepustakawanan dengan tema "Sistem Keamanan Aplikasi Perpustakaan" yang mengundang dua narasumber. Pertama Bapak Ismail Fahmi, pendiri Ganesha Digital Library dan Indonesia OneSearch, dan juga menjadi konsultan di Perpustakaan Nasional. Narasumber kedua adalah I Made Wiryana, peneliti dan dosen Universitas Gunadarma, konsultan keamanan TIK pada banyak instansi pemerintah dan swasta, dan merupakan salah satu pelopor perkembangan Linux di Indonesia.
 
Bapak Ismail Fahmi menyampaikan materi teknis bagaimana cara mengetahui kelemahan sistem aplikasi dengan menggunakan tools bernama KALI Linux. Tools ini dapat secara bebas diunduh pada laman resmi KALI Linux (https://www.kali.org/)
 
Materi kedua disampaikan oleh Bapak I Made Wiryana, yang menyampaikan bagaimana proses dan prosedur, tata kelola, ISO, SNI yang berkaitan dengan keamanan sistem, serta kompetensi pengelola teknologi informasi di sebuah organisasi.
 
Bagi para pustakawan, system librarian, pengelola teknologi informasi, pemerhati teknologi yang ingin mengunduh materi yang disampaikan oleh kedua narasumber tersebut, dapat mengunduhnya pada tautan berikut:
 
  1. Menggunakan KALI Linux Untuk Mengetahui Kelemahan Implementasi IT di Perpustakaan (oleh Ismail Fahmi)
  2. Kemananan untuk Sistem Perpustakaan (oleh I Made Wiryana)

(Rasyid Ridho, Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.