Skip to content Skip to navigation

Komunitas Perpustakaan Hadir di Indonesia Internet Expo and Summit 2016

Pada tanggal 22-24 November lalu, Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menyelenggarakan Indonesia Internet Expo and Summit (http://iixs.id/about-iixs/about-apjii/), bertempat di Kartini Expo Centre, Balai Kartini, Jakarta. Sekitar seratus peserta dari kalangan industri hadir dan berbagai kegiatan digelar mulai dari StartUp Digital, Game Developer, Big Data Revolution sampai lokakarya dan konferensi.
 
Yang menarik, Komunitas Perpustakaan memperoleh kesempatan untuk mengisi salah satu acara diskusi panel dan pameran. Ini merupakan kali kedua komunitas perpustakaan dan pustakawan terlibat dengan kegiatan di luar kalangannya. Keterlibatan ini mematahkan pendapat yang selalu mengatakan pustakawan asyik dengan dunianya sendiri, lebih merasa nyaman berbicara dengan kalangan seprofesi.
 
Sebelumnya, pada tanggal 15 November yang lalu telah diselenggarakannya Dialog Nasional IGF Indonesia dengan tema Mewujudkan Kedaulatan dan Kemandirian Dijital Indonesia. Komunitas perpustakaan mengisi salah satu sesi dan dihadiri lebih dari seratus peserta yang 95 persen adalah pustakawan. Bila ingin tahu lebih banyak tentang Internet Governance Forum atau Tata Kelola Internet silahkan buka tautan http://igf.id/ dan http://www.intgovforum.org/. Tentu banyak yang bertanya-tanya apa kaitannya  perpustakaan dengan Tata Kelola Internet, jawabannya dapat dibaca di tautan berikut http://www.ifla.org/node/7406.
 
Di acara Indonesia Internet Expo and Summit ini, Diskusi Panel komunitas perpustakaan mengusung tema Transforming Libraries Through ICTs. Perpustakaan Nasional diwakili oleh Kepala Pusat Jasa dan Informasi, Titiek Kismiyati, berbagi Informasi terbaru tentang peningkatan layanannya berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), agar dapat diakses oleh seluruh warga masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Indonesia OneSearch dan iPusnas merupakan layanan terbarunya. Gedung baru Perpustakaan Nasional terdiri dari 24 lantai di Jalan Medan Merdeka Selatan sudah mencapai tahapan akhir dan untuk tata ruang, layanan, dan segalanya mengikuti standar internasional.
 
PerpuSeru Untuk Hidup Lebih Baik merupakan paparan selanjutnya yang disampaikan langsung oleh Direktur Program PerpuSeru Erlyn Sulystianingsih. Perpuseru merupakan  program yang dilaksanakan sejak tahun 2011 oleh Yayasan Coca Cola Foundation dengan dukungan Bill & Melinda Gates Foundation bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan berbasis TIK, dengan tujuan memberikan dampak pada kualitas kehidupan masyarakat. Fase pertama PerpuSeru bermitra dengan 34 perpustakaan, terdiri atas 1 perpustakaan provinsi, 28 perpustakaan kabupaten/kota,3 perpustakaan desa/kelurahan dan 2 TBM di 13 provinsi dan pada akhir 2016,  PerpuSeru telah dilaksanakan di 102 perpustakaan kota/kabupaten, 234 perpustakaan desa/kelurahan, TBM di 18 provinsi. PerpuseSeru dengan pengalamannya dalam melaksanakan programnya telah membuktikan ternyata perpustakaan dapat menawarkan kehidupan yang lebih baik.
 
Paparan terakhir tentang Indonesia OneSearch: Open Data untuk Repository Pengetahuan Bangsa disampaikan oleh sang inisiator yaitu Ismail Fahmi Ph.D. Menurut beliau ternyata perpustakaan termasuk komunitas yang paling tua menggunakan open data. Dalam paparannya mencoba membuktikan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi, perpustakaan  mampu bertransformasi dan memberikan akses lebih luas bagi masyarakat luas yang hanya dimungkinkan dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai dan bersinergi dengan berbagai Kementerian dan swasta seperti APJII. Dengan demikian perpustakaan mampu menempatkan dirinya sebagai salah satu mitra Pemerintah dalam mewujudkan masyarakat cerdas, bermartabat, dan sejahtera sebagaimana tercantum dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
 
Tidak hanya paparan yang ditampilkan, komunitas perpustakaan memperoleh kesempatan untuk ikut serta dalam pameran di Booth C5 bergabung dengan Internet Society Indonesia.
 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.