Skip to content Skip to navigation

KONTRIBUSI IKATAN SARJANA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN

Abstrak: Pengembangan profesionalisme pustakawan merupakan bagian dari penguatan profesi dan meningkatkan kredibilitas. Peningkatan profesionalisme pustakawan diperlukan juga peran dari asosiasi profesi seperti Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi (ISIPII). Penelitian ini akan menjelaskan kontribusi Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia dalam pengembangan pustakawan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan kriteria partisipan ada penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara kepada informan yang sesuai dengan kriteria. Hasil wawancara kemudian dianalisis menggunakan thematic analysis, peneliti menggunakan thematic untuk diidentifikasi, dianalisis, dan diperoleh tema berdasarkan data wawancara yang diperoleh.

Hasil analisis penelitian ini, kontribusi ISIPII pada pengembangan profesionalisme pustakawan yaitu pada aspek kelembagaan, pembahasan isu strategis, kajian ilmiah, penguatan profesional, dan advokasi kebijakan dalam keilmuan perpustakaan dan informasi. Bentuk pengembangan profesionalisme yang dilaksanakan lebih fokus kepada intelektual pustakawan.