Skip to content Skip to navigation

Perkuat Kapasitas SDM Perpustakaan, Dispusip DKI Jakarta Gandeng ISIPII Berkolaborasi

Jumat (16 Juni 2023) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) DKI Jakarta, Bapak Firmansyah, S. Pd., M. Pd. menerima audiensi Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) di ruang kerjanya. "Keberadaan perpustakaan harus dekat dengan masyarakat penggunanya, manfaatnya harus dirasakan langsung, oleh karena itu kapasitas SDM perpustakaan harus diperkuat, salah satunya adalah melalui membangun kembali kebiasaan membaca', itulah yang  dihighlight oleh Bapak Firmansyah selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta.

ISIPII sebagai organisasi perkumpulan sarjana ilmu perpustakaan, salah satunya bertujuan
mengembangkan dan memajukan Ilmu (bidang) Informasi dan Perpustakaan sebagai ilmu pengetahuan maupun profesi, menyampaikan niat baiknya untuk berkontribusi pada Dispusip DKI dalam beberapa isu strategis terkait dengan tata kelola perpustakaan dan informasi dalam upaya untuk memberikan kemudahan akses dan akurasi terhadap informasi di era digital sekarang ini. Beberapa strategi yang diupayakan antara lain melalui pengembangan kapasitas SDM perpustakaan dan jejaring kelembagaaan perpustakaan pada area DKI Jakarta, Penguatan kapasitas perpustakaan dalam pendokumentasian pengetahuan lokal (tacit knowledge) sebagai aset budaya masyarakat DKI Jakarta melalui pendekatan Knowledge Management, serta Optimalisasi layanan perpustakaan melalui aktivasi layanan berkolaborasi dengan komunitas masyarakat sehingga keberadaan perpustakaan dapat dirasakan secara langsung oleh para pemangkukepentingan yang ada.  

Kolaborasi dan sinergi antara Dispusip DKI Jakarta dan ISIPII akan diimplementasikan perdana dalam kegiatan Rembuk Perpustakaan Khusus pada wilayah DKI Jakarta pada akhir Juni ini, dengan tujuan untuk mengidentifikasi tantangan - tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan khusus dalam melakukan pelayanan terhadap penggunanya. Lebih jauh, kegiatan ini juga sekaligus bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait dengan isu strategis yang berkembang dalam bidang perpustakaan serta menyelaraskan dan menyepakati tujuan bersama (shared values) yang ingin dicapai baik oleh DISPUSIP DKI Jakarta dengan seluruh peserta rembuk Perpustakaan khusus. Selanjutnya, dari hasil kegiatan ini akan disusun peta jalan penguatan kelembagaan perpustakaan dan sumber daya manusia melalui kolaborasi dan sinergi antara DISPUSIP DKI Jakarta dengan seluruh pemangku kepentingan terkait. Program yang disusun diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan sehingga tujuan perpustakaan sebagai salah satu sarana dalam mencapai tujuan bangsa untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa tercapai melalui upaya yang dilakukan kolektif oleh seluruh elemen terkait.