Skip to content Skip to navigation

FIA UB Edukasi Pegiat Literasi

MALANG - Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) menggelar kegiatan edukasi bagi pegiat literasi. Acara digelar di Perpustakaan Kota Malang. Dalam agenda tersebut, FIA UB menghadirkan salah satu pakar Ilmu Pustaka dan Informasi dari Royal Melbourne Institute of Technology Australia Putu Laxman Pendit, PhD. dan Dosen Praktisi serta Presiden Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia Farli Elnumeri, M.Hum.
 
Sekretaris Program Studi Ilmu Perpustakaan Dan Informasi FIA UB Muhammad Rosyihan Hendrawan, M. Hum menjelaskan, kegiatan ini akan diikuti para pustakawan daerah, pegiat literasi dan juga pengelola taman bacaan masyarakat di Malang.
“Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat, tujuannya mengedukasi pustakawan umum dan juga daerah,” ungkapnya. Kehadiran pakar dari Australia itu, lanjutnya diharapkan bisa memberikan pendampingan kepada para pustakawan agar bisa meningkatkan budaya baca.
 
Agenda ini, merupakan rangkaian dari program 3 in 1 pada Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi FIA UB. Tema yang diusung adalah “Pemetaan Perkembangan Keilmuan, Riset dan Profesi bidang Ilmu Pustaka dan Informasi”. Kegiatan ini menurut Hendrawan, panggilan akrab Rosyihan Hendrawan, juga bertujuan membantu para dosen dan mahasiswa bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIA UB dalam menentukan langkah-langkah yang tepat dalam mengidentifikasi profesi kepustakawanan serta memilih tema atau topik riset yang tepat sesuai dan disesuaikan dengan ciri khas jurusan, fakultas, universitas hingga global. Selain itu sebagai tindak lanjut masukan pada audit mutu eksternal atau Akreditasi BAN-PT pada Juli tahun 2015 lalu terkait pentingnya rencana induk atau peta riset khusus di prodi yang terintegrasi dengan fakultas dan universitas.
 
Program 3 in 1 Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi FIA UB ini dimulai, Senin-Sabtu, (12-17/11). Peserta kegiatan 3 in 1 ini bersifat spesifik, karena prioritas diberikan untuk staf pengajar dan mahasiswa termasuk guru besar dan ketua laboratorium/pusat kajian yang terkait Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi di FIA UB. Sebagai narasumber adalah Putu Laxman Pendit, PhD salah satu pakar atau Ilmuan Ilmu Pustaka dan Informasi dari Royal Melbourne Institute of Technology Australia, Dr Bekti Mulatiningsih AALIA (CP) adalah Pustakawan Peneliti Dari University of Queensland, Australia, dan Bapak Farli Elnumeri, M.Hum selaku Dosen Praktisi serta Presiden Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia.
 
Sementara itu, hari ini, FIA UB akan melepas 121 lulusan. Sebanyak 7 wisudawan dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik predikat Dengan Pujian. Mereka adalah Norma Wahyuningrum, Ryan Dwi Firmansyah, Dwi Ambar Rukmi Pangesti, Widia Rachmania Aditya, Novitasari, Fitriana Hanarti, dan Dedy Wahyu Hernanda. (fia-ub)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.