Skip to content Skip to navigation

Mendaftar Keanggotaan ISIPII

PERSYARATAN DAN PERLENGKAPAN:
  1. Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi baik itu S1, S2, atau S3 
  2. Scan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 cm dalam format jpeg (maksimal 150kb). 
  3. Scan ijazah dalam format pdf (maksimal 150kb). 
  4. Donasi wajib menjadi anggota ISIPII sebesar Rp. 150.000,- yang cukup dibayarkan sekali.
  5. Scan bukti transfer Donasi keanggotaan dalam format jpeg (maksimal 150kb).  
  6. Mengisi formulir pendaftaran anggota yang tersedia di sini secara lengkap. 
 

Kasus Digitalisasi PDII-LIPI >< Kebangkitan Pustakawan Indonesia

Oleh Elly Julia Basri
 

Sebulan terakhir ini dunia perpustakaan Indonesia riuh rendah dengan berita tentang Digitalisasi di PDII-LIPI  (yang berubah nama menjadi PDDI) yang menyebabkan sekelompok peneliti senior dan profesor di LIPI menghadap ke DPR melakukan mosi tidak percaya kepada Ketua LIPI karena Ketua PDDI memerintahkan pemusnahan sejumlah koleksi PDII dengan alasan kegiatan digitalisasi.   Media sosial meliput berita tersebut antara lain:

Luwarsih Pringgoadisurjo : Pengusung Isu Kerja Sama Antar Perpustakaan

Penulis: Elly Julia Basri
 
Luwarsih Pringgoadisurjo, MA lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal  14 Februari 1930 . Beliau wafat pada 04 Juli 1994 di usia 64 tahun. Beliau adalah Direktur PDIN (Pusat Dokumentasi dan Informasi Nasional, LIPI yang kedua yang memimpin lembaga tersebut dari 1973 sampai 1989. Direktur pertama PDIN adalah Winarti Partaningrat yang memimpin PDIN dari tahun 1965 sampai tahun 1973.
 

Srikandi-Srikandi Dunia Perpustakaan Indonesia

Penulis: Elly Julia Basri, Harkrisyati Kamil dan Utami Hariyadi

Pengantar

Hari Ibu Indonesia, yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember secara nasional berbeda dengan peringatan  Hari Ibu di negara lain. Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1928. Presiden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember  sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959, yaitu pada ulang tahun ke 25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Kata "rekod" Layak Masuk Kamus Bahasa Indonesia

Oleh: Dyah Sulistyorini*)
 
Suatu ketika ada perusahaan yang kesulitan menemukan dokumen penting untuk dijadikan alat bukti atas kepemilikan asetnya.
 
Dokumen tersebut mungkin sudah lama dimiliki dan barangkali kurang bagus klasifikasinya sehingga sulit ditemukan kembali. Kasus ini menunjukkan bahwa pengelola dokumen-dokumen memiliki peran yang cukup penting.
 

Standar Nasional Dokinfo Pacu Daya Saing Global

Barangkali pernah ada peneliti di Indonesia yang ingin memublikasikan hasil risetnya di jurnal internasional, namun ditolak karena kurang memenuhi standar.
 
Penolakan tersebut mungkin karena karya ilmiah yang dikirimkan tidak sesuai dengan tema, tidak mengikuti template dan selingkung atau mungkin karena tidak mengikuti pedoman referensi dan kutipan atau sitasi bibliografis sesuai standar internasional.

Pages

Subscribe to ISIPII RSS

Acara ISIPII

07/27/2020 - 16:13
3rd International Conference on Documentation and Information
 
"Future Indonesian Research: Data Management and Information"
 
**  
Mengundang kepada semua rekan-rekan untuk ikut berpartisipasi dalam CALL FOR PAPER the 3rd International Conference on Documentation and Information (ICDI). 

Berita

06/04/2020 - 20:58

Sebuah petisi daring yang ditujukan kepada Perpustakaan Nasional Australia (NLA) kini beredar di dunia maya. Petisi menyoal rencana penutupan koleksi dari sejumlah negara Asia. Petisi yang ditujukan kepada Direktur Jenderal NLA di Canberra, ibukota Australia, Dr.

Kolom pakar merupakan wadah yang disediakan oleh website Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia yang memuat semua tulisan-tulisan para pakar dalam dunia perpustakaan di Indonesia, seperti Prof. Sulistyo Basuki, Bapak Blasius Sudarsono, MLS, dan Bapak Putu Laxman Pendit, Ph.D.

Selengkapnya